Bedah Buku Perdana Bersama Angkatan Pertama Mahad Aly An-Nur II

KAMPUS POJOK – Kamis (10/8/2023), Mahad Aly An-Nur 2 mengadakan acara bedah buku karya angkatan pertama. Acara ini diselenggarakan oleh Lajnah Ta’lif wa Nasyr bekerja sama dengan DEMA An-Nur II dan bertempat di gedung Mahad Aly lantai 2. Dihadiri oleh segenap mahasantri dan jajaran ustad. Acara ini bertujuan menghidupkan semangat santri untuk selalu berkarya baik dalam tulisan ilmiah ataupun non ilmiah.

Mahad Aly An-Nur 2 kini telah menelorkan beberapa karya ilmiah yang telah terpublikasikan dan menjadi kitab kajian, di antaranya: Madkhal fi Fiqh At-Tashni’ dan  Sharaf Santuy. Kedua kitab tersebut merupakan hasil susunan angkatan pertama Mahad Aly An-Nur 2, dan yang akan menjadi bahan dalam kegiatan bedah buku kali ini.

Bersama Ust. Luqman Chamid S.Ag dan Ust. Nurul Islam S.Ag selaku pemateri yang juga merupakan tim penyusun dari kitab tersebut. Dalam acara tersebut ada moderator sebagai pengatur jalannya dialog dan satu pembanding yang akan menjelaskan kesan yang ia peroleh setelah mempelajari kitab tersebut. 

Runtutan Acara

Pertama kali moderator mempertanyakan asal-usul tersusunnya kitab Madkhal fi Fiqh At-Tashni’ sekaligus siapa penyusun kitab tersebut. Ust. Luqman Hamid menjelaskan bahwa penyusunan kitab tersebut memiliki sejarah dan tidak tersusun secara tiba-tiba, beliau mengatakan:

“sebenarnya ide ini berangkat dari para dosen, beliau menginisiasi untuk menyusun kitab yang menjelaskan dasar-dasar sebelum mempelajari fikih industri, mengingat Mahad Aly kita terpilih untuk memegang jurusan fikih industri”.  

“Beliau membentuk tim sembilan dan menunjuk beberapa anak yang memiliki potensi untuk menjadi pelaksana rencana tersebut sekaligus menjadi pelopor dalam pembentukan karya-karya”.

Kemudian Ust. Nurul Islam selaku pemateri kedua menjelaskan tentang metode pembahasan yang termuat dalam kitab tersebut, beliau menerangkan:

“kitab ini merupakan gerbang menuju fikih industri, jadi pembahasan di dalamnya meliputi dasar-dasar sebelum membahas permasalahan-permasalahan dalam  industri”.

“Di dalamnya kita akan membahas ushul fikih, maqashid Asy-Syari’ah, lalu fikih. Kemudian adab atau etika yang mana permasalahan industri nantinya tidak akan lepas dari pembahasan tersebut”

Setelah usainya penjelasan dari kedua pemateri tersebut. Acara ini dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan oleh pembanding yang pada kesempatan ini akan dibawakan oleh mahasantri semester 5. Lalu diakhiri dengan beberapa pertanyaan dari setiap semester. Semoga semangat untuk berkarya terus terkobar dalam jiwa santri dan semoga terus berjalan lancar. amin ya rabbal alamin

Redaktur: Samsul Arifin
Penyunting: M. Ihsan Khoironi

Tulisan Lainnya

Bedah Buku Perdana Bersama Angkatan Pertama Mahad Aly An-Nur II

Tulisan Lainnya