Search
Close this search box.

Jamaah di Tangan Imam Egois dan Makmum Apatis

9

Secara etimologi, jamaah adalah sebuah golongan atau perkumpulan. Sedangkan, secara terminologi, jamaah adalah keterikatan yang terjadi dalam salatnya makmum dengan imam baik dari awal atau pertengahan salat.

Jamaah merupakan aktivitas yang sangat penting bagi umat Islam. Tak hanya mengandung keutamaan yang bisa diambil, jamaah juga memiliki rahasia tersendiri yang tidak akan kita temukan dalam salat munfarid (salat sendiri). Dalam daripada itu, salat berjamaah mengajarkan kita bagaimana bersosial dengan baik, kita dilatih untuk patuh terhadap pemimpin, diajarkan bagaimana hormat dan bertingkah laku baik di depan orang banyak. Dari sini, pantaslah salat jamaah menjadi karakter dan syiar Islam  yang harus ditegakkan. 

Layaknya dalam ibadah lain, jamah memiliki teknis syarat yang harus dipenuhi baik oleh imam maupun makmum. Selain itu, fikih juga berbicara perihal siapa saja yang layak memimpin salat, apakah seorang pakar dalam ilmu fikih, paling fasih bacaan quran-nya, wara’, nasabnya mulia, atau parasnya menawan dan prilakunya baik. Adanya  syarat dan ketentuan dalam jamaah tak lain sebab imam adalah gambaran kecil dalam tanggung jawab atas salatnya makmum, penyempurna kekurangan yang dilakukan makmum. 

Mengingat bahwa kulitas imam harus berada diatas makmum, maka tidak sepantasnya mengangkat imam yang tidak fasih. Meskipun ia mempunyai kontribusi besar dalam hal pembangunan dan kemakmuran masjid. 

Namun, realita membuktikan betapa status “imam” di desa menjadi suatu hal yang prestisius. Banyak kalangan berlomba-lomba menjadi donatur masjid, dengan maksud supaya diangkat menjadi imam. Banyak juga, yang mengatasnamakan istikamah, bersikukuh untuk terus menjadi imam. Padahal, secara tinjauan hukum fikih, ia tidak mampu lagi menjadi imam.

Parahnya lagi, mereka yang masih muda dengan apatis tidak mau bergiliran menjadi imam. Boro-boro menjadi imam, datang ke masjid untuk berjamaah saja adalah satu hal yang luar biasa.

Dijelaskan dalam kitab fikih bahwa orang yang qori’ (bagus bacaan al-Fatihahnya (1) tidak sah bermakmum terhadap orang yang ummi. Dalam khazanah fikih, ummi adalah mereka yang bacaan al-Fatihahnya kurang baik, entah sebagian surat atau bahkan secara keseluruhan. Meskipun, dalam pembacaan surat selain al-Fatihah, ia tidak dalam keadaan ummi. (2) Dalam hal ini ummi meliputi 

  1. Arats, adalah mereka yang meng-idgham kan huruf pada huruf lain padahal bukan pada tempatnya. (3)
  2. Altsagh, adalah mereka yang mengganti huruf huruf al-Fatihah dengan huruf lain, semisal huruf sin diganti tsa’. (4)
  3. Lahn adalah mereka yang melakukan kesalahan dalam segi harokat atau i’rab dalam pengucapan bahasa Arab. (5)

Namun lahn yang dimaksud disini adalah lahn yang sampai merubah makna, jika tidak maka hukumnya makruh dan haram jika mampu belajar disamping lidahnya masih normal. (6)

 Alasan tidak sahnya qori’ bermakmum terhadap ummi adalah hadis; 

عن أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ فَإِنْ كَانُوا فِي الْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ فَإِنْ كَانُوا فِي السُّنَّةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً فَإِنْ كَانُوا فِي الْهِجْرَةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ سِلْمًا وَلَا يَؤُمَّنَّ الرَّجُلُ الرَّجُلَ فِي سُلْطَانِهِ وَلَا يَقْعُدْ فِي بَيْتِهِ عَلَى تَكْرِمَتِهِ إِلَّا بِإِذْنِهِ قَالَ الْأَشَجُّ فِي رِوَايَتِهِ مَكَانَ سِلْمًا سِنًّا

“Dari Abu Masud Al-Anshari, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Yang menjadi imam suatu kaum adalah ia yang paling mahir membaca Al-Qur’an. Jika kemahiran beberapa orang umumnya berdekatan, maka imamnya adalah ia yang paling mengerti sunnah. Jika kemampuan mereka berdekatan, maka imamnya adalah ia yang lebih dahulu hijrah, dan yang lebih dahulu memeluk Islam. Seseorang tidak mengimami orang lain dalam kekuasaannya. Ia juga tidak menduduki sebuah tempat tertentu yang terhormat di mata tuan rumah tanpa seizinnya.” Al-Asyaj dalam riwayatnya mengatakan, ‘yang lebih tua’ sebagai pengganti “yang lebih dahulu memeluk Islam.”” (HR Muslim). 

Hadis ini menjelaskan bahwa diantara mereka yang layak menjadi imam adalah yang paling baik bacaan al-Quran nya. Alasan selanjutnya bahwa imam adalah orang yang mampu menanggung kekurangan makmum seperti al-Fatihahnya makmum masbuq yang menemuinya dalam keadaan rukuk, sedangkan orang yang ummi tidak bisa menanggung (ahlu litammul), sebab al-Fatihahnya hanya dianggap sah untuk dirinya sendiri bukan terhadap orang lain. (7)

Ketidakabsahan ini ketika memang sudah benar-benar akut dan parah, artinya sudah mengubah tatanan yang ada dalam ayat al-Qur’an, khususnya al-Fatihah. Sehingga jika itu terjadi dan ia enggan untuk belajar maka salatnya sendiri tidak sah dan dinggap berbicara dalam salat. Namun jika ia tidak memungkinkan untuk membaca al-Fatihah dengan baik, mungkin karena lidahnya sakit atau waktu salat hampir habis maka salatnya sendiri sah namun tidak cukup menjadi imam bagi si qori.

Jika memang betul dikatakan tidak sah lantas bagaimana solusi yang tepat dan akurat tanpa menyinggung masyarakat mengingat hal demikian sudah lumrah ? 

Sebenarnya dalam kasus ini ulama masih bersilang pendapat. Mayoritas ulama, berdasarkan qoul jadid Imam Syafii mengatakan tidak sah dengan alasan di atas. Namun dalam qoul qadim, Imam Syafii mengatakan sah jika berupa salat sirriyah yakni Zuhur dan Ashar. 

Dan pendapat ketiga mengatakan sah secara mutlak dengan analogi sahnya salat orang yang berdiri saat bermakmum dengan imam yang duduk. Pendapat ini dikemukakan oleh Abu Ishaq al-Marwazi. al-Banadiji, Ibn Surayj, dan Imam Muzani, Abu Tsur memilih pendapat yang ketiga ini. (8) Sehingga, kasus di atas bisa kita ikutkan kepada pendapat yang ketiga ketika memang salat harus didirikan dengan terpaksa.

Penulis: Moh. Mansur.

Penyunting: Muhammad Az-Zamami.

_________________________________________________

. 2. القارىء وهو هنا من يحسن الفاتحة

  ص132 – كتاب كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار – باب صلاة الجماعة – المكتبة الشاملة الحديثة

3.  ( لا ) يصح قدوة ( قارىء بأمي ) وهو من يخل بحرف من الفاتحة

ص127 – كتاب نهاية الزين – فصل في الجماعة في الصلاة – المكتبة الشاملة الحديثة

.4 ……..كأرت بمثناة فوقية وهو من يدغم بإبدال في غير محل الإدغام بخلاف الإدغام بلا إبدال كتشديد اللام أو الكاف من مالك

ص127 – كتاب نهاية الزين – فصل في الجماعة في الصلاة – المكتبة الشاملة الحديثة

.5 …..أو ألثغ بمثلثة وهو من يبدل حرفا بغيره كأن يأتي بالمثلثة بدل السين فيقول المثتقيم أو بالهمزة بدل القاف في المستقيم أو بالزاي أو الدال المهملة بدل الذال المعجمة في الذين ومن الإخلال بحرف تخفيف مشدد من الفاتحة

ص127 – كتاب نهاية الزين – فصل في الجماعة في الصلاة – المكتبة الشاملة الحديثة

6. وأما اللحن في الفاتحة والمراد به تغير شيء من حركاتها أو سكناتها لا خصوص اللحن في اصطلاح النحويين وهو تغيير الإعراب والخطأ فيه فالمراد هنا ما هو أعم من ذلك

ص61 – كتاب نهاية الزين – فصل في كيفية الصلاة المتعلقة بواجب – المكتبة الشاملة الحديثة

7.  (فرع) إذا لحن في القراءة كرهت امامته مطلقا فان كان لحنا لا يغير المعنى كرفع الهاء من الحمد لله كانت كراهة تنزيه وصحت صلاته وصلاة من اقتدى به وان كان لحنا بغير المعنى كضم التاء من انعمت أو كسرها أو يبطله بان يقول (الصراط المستقين) فان كان لسانه يطاوعه وامكنه التعلم فهو مرتكب للحرام ويلزمه المبادرة بالتعلم فان قصر وضاق الوقت لزمه ان يصلي ويقضى

[1] . لقوله صلى الله عليه وسلم  ( يؤم القوم أقرؤهم ) فلا يجوز مخالفته بجعلهه مأموما ولأن الامام بصدد أن يتحمل عن المأموم القراءة لو أدركه راكعا والأمي ليس من أهل التحمل

ص132 – كتاب كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار – باب صلاة الجماعة – المكتبة الشاملة الحديثة

8. أما حكم المسألة فقال اصحابنا الامي من لا يحسن الفاتحة بكمالها سواء كان

لا يحفظها أو يحفظها كلها إلا حرفا أو يخفف مشددا لرخاوة في لسانه أو غير ذلك وسواء كان ذلك لخرس أو غيره فهذا الامي والارت والا لثغ ان كان تمكن من التعلم فصلاته في نفسه باطلة فلا يجوز الاقتداء به بلا خلاف وان لم يتمكن بان كان لسانه لا يطاوعه أو كان الوقت ضيقا ولم يتمكن قبل ذلك فصلاته في نفسه صحيحة فان اقتدى به من هو في مثل حاله صح اقتداؤه بالاتفاق لانه مثله فصلاته صحيحة وان اقتدى به قارئ لا يحفظ الفاتحة كلها أو يحفظ منا شيئا لا يحفظه الامي ففيه قولان منصوصان وثالث مخرج (اصحهما) وهو الجديد لا يصح الاقتداء به (والقديم) ان كانت صلاة جهرية لم تصح وان كانت سرية صحت (والثالث) المخرج خرجه أبو اسحق المروزى وحكاه البندنيجي عنه وعن ابن سريج انه يصح مطلقا ودليل الجميع يفهم مما ذكره المصنف.  ……….. فالصواب ما سبق واتفق المصنفون علي أن الصحيح بطلان الاقتداء وهو مذهب مالك وابي حنيفة واحمد وغيرهم واختار المزني وابو ثور وابن المنذر صحته مطلقا وهو مذهب عطاء وقتادة واحتج لهم بالقياس على العجز عن القيام كما ذكره المصنف

ص267 – كتاب المجموع شرح المهذب – باب صفة الائمة – المكتبة الشاملة الحديثة

Tulisan Lainnya

Jamaah di Tangan Imam Egois dan Makmum Apatis

9

Tulisan Lainnya