Search
Close this search box.

Rutinitas Malam Jumat Ma’had Aly An-Nur II

ceramahmahadaly2

Acara rutinan malam jumat di Ma’had Aly An-Nur II, spesial kali ini  dihadiri oleh  beliau KH. Imam Muslim, guna memberikan kritik dan materi tambahan kepada mahasantri yang ceramah. Acara malam jumat kali ini dilaksanakan di perpustakaan Ma’had Aly, dan diikuti oleh seluruh mahasantri.

Tidak jauh berbeda dengan acara sebelumnya, acara kali ini diawali dengan pembacaan diba’ bersama mahasantri. Acara tersebut sengaja dibuat agar para mahasantri mempersiapkan diri untuk kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat seperti ceramah. 

Ma’ruf selaku mc, membacakan susunan acara pada malam hari ini, yang terdiri dari pembukaan, ceramah 1, ceramah 2, pemberian kritik dan materi dari beliau KH. Imam Muslim, dan penutup. Mc membuka acara tersebut dengan bacaan Al-fatihah, lalu menuju ke acara selanjutnya yakni ceramah 1, yang disampaikan oleh M Rafli Nazillur R dari semester 2 dengan tema Suri Teladan dari Kiai NU. 

Menuju ke acara selanjutnya yaitu ceramah 2, yang disampaikan oleh Agus Setia Budi dari semester 4 dengan tema Birrul Waalidain. Acara selanjutnya adalah  pemberian kritik dan materi dari belau KH Imam Muslim. Beliau menyampaikan mulai dari kelebihan hingga kekurangan dari kedua penceramah.

Beliau menyampaikan bahwa ceramah, bisa dikatakan sempurna jika memenuhi 3 poin. Agar sempurna ceramah harus etos yakni menjadikan penonton mengetahui kalau dia banyak pengetahuan. lalu phatos yaitu mengena ke hati penonton, dan logos yaitu logis (sesuai penalaran). Setelah beliau menyampaikan materi kepada para penceramah, Mc menutup acara tersebut.

Redaktur: M. Rafli Nazillur R.
Penyunting: M. Ihsan Khoironi

Tulisan Lainnya

Rutinitas Malam Jumat Ma’had Aly An-Nur II

ceramahmahadaly2

Tulisan Lainnya