Ma'had Aly An-Nur II Malang

Kerugian Berakhlak Buruk Serta Keutamaan Berakhlak Baik
Bagikan
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter

Setelah mengetahui bahwa akhlak hanyalah nama bagi tabiat manusia, maka hendaknya kita juga mengetahui ciri-ciri orang yang mempunyai akhlak baik dan buruk. Namun sebelum itu kami akan memaparkan apa itu akhlak buruk terlebih dahulu, sebagai sarana untuk memahami akhlak (budi pekerti) baik.

Akhlak atau budi pekerti jelek yang lebih kita kenal dengan istilah toxic ialah perilaku yang membawa dampak buruk pada sekitar serta dapat merusak hubungan dalam artian perilaku toxic terhadap orang lain itu cenderung menjadi sebab rusaknya hubungan tersebut baik berupa hubungan pertemanan,asmara bahkan hubungan keluarga.

Adapun ciri-ciri orang yang berakhlak buruk atau yang lebih kita kenal dengan toxic sangat banyak sekali namun yang mayoritas dimiliki oleh orang-orang ialah tidak bisa meminta maaf serta suka mencari kesalahan orang lain. Dan bagi teman-teman yang menjalin hubungan dengan orang yang memiliki sifat di atas maka alangkah baiknya bagi teman-teman untuk segera menjauhinya demi kebaikan diri sendiri agar teman-teman tidak sampai terjerumus dan termasuk orang yang memiliki akhlak yang buruk.

Adapun kerugian yang akan didapat oleh orang yang berakhlak buruk ialah semua amal ibadahnya tidak akan diterima. Sesuai keterangan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin bahwa Rasulullah suatu ketika pernah di beri kabar oleh sahabat. Ada seorang perempuan yang setiap malam melakukan ibadah dan di siang harinya dia puasa, akan tetapi dia sering melukai hati tetangganya dengan lisanya. Kemudian Rasulullah bersabda, “Tidak ada kebagusan sama sekali di dalam dirinya dan dia termasuk ahli neraka.”

Sedangkan akhlak baik ialah perilaku seseorang yang membawa pengaruh baik serta orang-orang yang berada di sekitarnya merasa nyaman dengan perilakunya. Adapun cri-ciri orang yang memiliki akhlak yang baik ialah: menghormati orang lain, tidak menyinggung perasaan orang lain, serta selalu bersikap baik kepada orang lain.

Bagi teman-teman yang mempunyai sahabat atau menjalin hubungan dengan orang seperti ini (orang berakhlak baik), alangkah baiknya bagi teman-teman untuk tetap mempertahankan hubugan tersebut. Karena mereka akan membawa pengaruh yang baik kepada teman-teman serta mereka memiliki banyak keutamaan.

Adapun keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh orang yang berkhlak baik ialah, dia telah memiliki pekerjaan yang paling utama atau afdal. Nabi Muhamad suatu ketika pernah ditanya oleh sahabat, “Pekerjaan apa yang paling afdal wahai Rasulullah?” kemudian Rasullah menjawab, “Akhlak yang bagus.”

Dengan memiliki akhlak yang bagus, menjadikan pemiliknya mempunyai tempat yang istimewa di hari kiamat. Sesuai keterangan yang disampaikan oleh Imam Al-Ghozali dalam kitab Ihya’ ulumuddin. bahwa nabi pernah bersabda, “Orang yang paling aku cintai dan memliki tempat duduk paling dekat denganku saat hari kiamat ialah orang-orang yang berakhlak baik.” *Di sarikan dari kitab Ihya’ ulumuddin

Penulis: M. Rikza
Penyunting: M. Abror

Nilai Kami
5/5

Komentar