Ma'had Aly An-Nur II Malang

Bahtsul Masail Wasith Ma’had Aly An-Nur 2 Al-Murtadlo
Bagikan
Facebook
Telegram
WhatsApp
Twitter

Rabu (24/8), tim LBM Ma’had Aly menyelenggarakan Bahtsul Masail (BM) Washith yang merupakan kegiatan rutin setiap bulan, di samping itu acara ini diselenggarakan guna memperingati Harlah PP. An-Nur 2 Al-Murtadlo ke-43. Seperti biasa acara ini dihadiri oleh Mahasantri Ma’had Aly sendiri, yang bertempat di perpustakaan Ma’had Aly An-Nur 2 Al-Murtadlo.

Meja-meja yang telah tertata rapi diberi papan nama kelompok masing-masing, setelah itu para Mahasantri mulai menempati tempat yang telah diberi nama kelompoknya, disusul moderator dan 2 orang notulen yang juga turut menempati tempatnya juga 2 orang perumus. Pada BM wasith kali ini berkesempatan dibarengi oleh KH. Nidhom Subkhi dan Ust. Kholili Misbahuddin sebagai perumus, yang juga merupakan dosen Ma’had Aly An-Nur 2 Al-Murtadlo.

Para Mahasantri sangat bersemangat dan begitu antusias. Masing-masing memiliki argumen dan statmentnya sendiri. Argumen dan pendapat yang dipaparkan juga berbeda-beda. Semuanya dikuatkan dengan ibarot-ibarot yang ada dalam kitab turats, dan dari setiap jawaban di uji satu per satu, dengan cara melemahkan argumen yang dikemukakan dengan tanggapan-tanggapan dan sangkalan-sangkalan dari kelompok lain.

Bilamana argumennya tidak dapat dipertanggungjawabkan maka dianggap gugur. Pada saat itu juga perumus mengarahkan agar pembahasan tidak terlalu melebar dan lari kemana-mana. Sehingga BM yang dilakukan dapat terarah dengan baik.

Acara ini memang sengaja diselenggarakan, untuk melatih para Mahasantri agar dapat mengatasi masalah-masalah yang ada dengan berpegang pada Al-Qur’an, Sunnah, dan kitab-kitab turats. Dalam pelaksanaannya pasti dihadirkan juga orang-orang yang ahli sebagai perumus.

Ketika matahari lengser sedikit kearah barat, maka dalalah tersebut menunjukkan waktu kegiatan telah usai. Doa sebagai pamungkas acara akan menutup acara BM kali ini, dan akan dilanjutkan untuk bulan berikutnya.

Penulis: Samsul Arifin

Penyunting: Muhammad Abror S

Nilai Kami
5/5

Komentar